16 January 2013

Sebuah Renungan; Tentang Hidup


Saya sedang merenungkan sebuah perjalanan hidup yang mungkin bisa jadi perjalanan hidup saya atau orang lain di masa depan.

Saya mungkin terlalu banyak merenung sehingga saya terkesan lebih sensitive terhadap sekitar saya. Saya merenungkan, betapa hidup ini harus dilalui dengan penuh keberanian dan tanggung jawab. Banyak orang beruntung, tetapi lebih banyak lagi yang kurang beruntung.

Yang menjadi permasalahannya adalah bagi orang-orang yang kurang beruntung jika mereka tak cerdas, tak bijaksana menghadapi ketidakberuntungannya pastilah kehidupan tak tenang yang akan mereka dapatkan. Mungkin sebagian mereka akan melakukan banyak tindak kejahatan, sebagian melakukan tindakan asusila atau hal-hal lain yang tak dibenarkan oleh norma-norma agama maupun norma yang berlaku di dalam kehidupan lainnya.


Terlalu memikirkan bagaimana hidup ini berjalan juga kurang baik, namun terlalu mengikuti aliran tanpa adanya pemetaan hidup juga terkesan tak bertujuan, jadi mungkin yang tepat adalah mengikuti aliran kemana tujuan yang sudah kita tentukan.

Saya sering memuji sendiri orang-orang yang mampu menelaah hidup dengan luar biasa, mereka sabar menghadapi cobaan, mereka mampu memberikan manfaat bagi orang lain. Sungguh, hidup yang seperti ini sepertinya sangat indah dan menyenangkan karena biasanya kita manusia mempunyai kecenderungan ingin selalu diperhatikan tetapi tak mau memperhatikan.

Akankah kita mampu belajar menjadi sabar dan ikhlas menghadapi setiap ujian yang mampir di dalam kehidupan kita? Saya tidak tahu, karena semua ini berdasarkan pengalaman hidup juga lingkungan kita masing-masing.  

Hanya sebuah renungan untuk hidup yang indah ini.


By: @PendarBintang

Postingan Terpopuler

Postingan Terbaru